ICON’/>

Jumat, 03 Desember 2010

Menggunakan Theme Tersembunyi Windows 7 Beta


Bagi Anda yang sudah menginstall Windows 7 Beta, mungkin sudah melihat-lihat atau mengganti theme default yang digunakan. Jika dilihat, pilihan yang tersedia untuk Windows 7 Beta English dengan setting regional Indonesia ada 4 theme yang dapat dipilih yaitu Windows 7, Landscape, Light Auras, dan Nature. Seperti yang telah saya singgung pada tulisan Windows 7 Desktop Screenshot, pilihan theme yang dihadirkan pada Windows 7 Beta disesuaikan dengan versi bahasa dan regional yang dipilih. Meskipun begitu, dengan cara tertentu pilihan theme yang seharusnya hadir untuk Windows 7 Beta regional lain dimungkinkan untuk digunakan.

Berdasarkan tulisan di My Digital Life, cara yang dapat dilakukan agar dapat menggunakan themes lain yang tersembunyi adalah sebagai berikut:

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik Organize, dan pilih Folder and Search Options.
  3. Klik tab View.
  4. Pilih Show hidden files, folders and drivers dan uncheck Hide protected operating system files (Recommended). Pada permintaan konfirmasi yang muncul, klik Yes.
  5. Klik OK.
  6. Kemudian browsing folder berikut::

    \Windows\Globalization\MCT\

  7. Pada foloder ini, Anda akan menemui folder dengan MCT-XX (diamna XX adalah AU, CA, GB, US, atau ZA) yang mempresentasikan setting untuk masing-masing regional. Pilihlah salah satu folder ini yang theme-nya akan diaktifkan. Untuk catatan: AU, CA dan ZA mempunyai theme yang sama.
  8. Buka folder Theme pada folder regional yang dipilih.
  9. Double click pada file XX.theme akan mengubah theme yang saat ini digunakan dengan theme regional ini. Sekali digunakan, theme ini akan disimpan sebagai pilihan pada Personalization options, jadi ulangi saja untuk theme regional yang lain. Selanjutnya untuk mengubah dan memilih theme-theme ini cukup dari klik kanan pada desktop dan pilih Personalize.
  10. Selanjutnya kembali ke Folder Options untuk mengembalikan setting folder seperti pada 5 langkah pertama di atas untuk menyembunyikan file yang perlu disembunyikan dan file sistem.

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan modifikasi registry. Copy-paste kode berikut pada text editor misalnya Notepad:

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Themes\InstalledThemes\MCT]
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-AU\\Theme\\AU.theme"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-CA\\Theme\\CA.theme"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-DE\\Theme\\DE.theme"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-GB\\Theme\\GB.theme"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-JP\\Theme\\JP.theme"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-US\\Theme\\US.theme"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-ZA\\Theme\\ZA.theme"=""
 
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Wallpapers\0\KnownFolders\Windows Wallpapers\MergeFolders]
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-AU\\Wallpaper"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-CA\\Wallpaper"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-DE\\Wallpaper"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-GB\\Wallpaper"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-JP\\Wallpaper"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-US\\Wallpaper"=""
"%windir%\\Globalization\\MCT\\MCT-ZA\\Wallpaper"=""

Selanjutnya simpan file tersebut dengan ekstensi .reg misalnya enable-win7-regional.reg. Double click file ini dan pada konfirmasi yang muncul pilih Yes.

Untuk mendapatkan theme Windows 7 Beta, dalam website Windows 7 sendiri, Microsoft juga menyediakan berbagai themes, desktop background, desktop gadget, sideshow gadget untuk dapat didownload dan digunakan.

separador

1 komentar:

silent hackx mengatakan...

bagus kan??

Posting Komentar