ICON’/>

Jumat, 03 Desember 2010

PicPick Tools untuk Mengambil Screenshot dan Mengolahnya

Salah satu software yang dulu menjadi favorite saya untuk keperluan pengambilan tampilan layar atau screenshot adalah FastStone Capture, namun sayangnya saat ini software tersebut tidak free lagi, hanya dapat digunakan dalam masa trial dan setelahnya harus membeli lisensi. Alternatif program gratis berdasarkan hasil googling saya yang dapat digunakan untuk pengambilan screenshot dan mempunyai fitur yang lebih dibandingkan dengan FastStone Capture free edition yang dahulu saya download adalah PicPick Tools.

picpick-menuScreen Capture merupakan salah satu fungsi dari PicPick Tools, karena sebagai all-in-one design tools, PicPick Tools dilengkapi image editor yang tidak saja digunakan untuk mengolah image hasil pengambilan screenshot tetapi juga dapat digunakan untuk mengolah image-image lainnya maupun membuat image baru. Selain itu PicPick Tools juga dilengkapi peralatan lain color picker, color palette, pixel ruler, protractor, crosshair, dan whiteboard.

Hal menarik lain lain dari PicPick Tools adalah sebagai portable application, PicPick Tools dapat digunakan tanpa perlu melakukan instalasi dan dan dengan mudah dapat dibawa dan digunakan dari hasil downloadnya.

Begitu dijalankan, fungsi tombol Print Screen yang ada pada keyboard akan diambil dan digunakan sebagai tombol untuk mengambil screenshot dan hasilnya akan diolah dalam image editor. Jika misalnya tidak ingin menggunakan tombol Print Screen misalnya karena telah digunakan oleh program lain, maka melalui menu yang dapat diakses dengan klik pada icon di system tray Capture settingsChange Hot Keys.. dapat diatur tombol shortcut yang akan digunakan untuk mengakses fungsi-fungsi yang dimiliki PicPick Tools.

Melalui menu Capture settingsOutput Type dapat kita tentukan ke mana hasil pengambilan screenshot yang dilakukan akan dikirim, apakah ke image editor, ke clipboard (kemudian di paste di aplikasi lain), atau disimpan sebagai file image langsung. Melalui menu Capture settingsDefault image format dapat ditentukan format image yang akan dihasilkan. Dari menu Capture Setting pula dapat dilakukan pengaturan lain seperti apakah akan mensupport dual monitor, mengaktifkan efek suara, mengaktifkan auto scroll, memasukkan cursor dalam pengambilan screenshot, dan juga pengaturan apakah akan menjalankan PicPick ketika startup.

picpick-v

Image editor yang disertakan dalam PicPick Tools sendiri menurut saya sudah cukup untuk melakukan pengolahan gambar hasil screenshot maupun pengolahan image yang telah ada. Selain adanya fungsi-fungsi standar seperti resize, cropping, magnifier, pencil, brush, pengaturan warna, memasukkan teks, menggambar garis, danmenggambar tanda panah, image editor PicPick juga dilengkapi beberapa efek yang dapat digunakan seperti blur,invert, grayscale, pixelate, pengaturan brightness/contrast, dan juga hue/saturation.

Jadi, menurut saya PicPick Tools merupakan freeware untuk Windows yang perlu dipertimbangkan untuk digunakan guna keperluan pengambilan screenshot dan melakukan pengolahan atasnya sebelum image tersebut disisipkan pada halaman blog atau website.

separador

0 komentar:

Posting Komentar